Suara Unik Burung Belibis, Download MP3 Disini!

Burung Belibis, Itik Air Yang Pandai Bersiul
Belibis Dikenal Juga Dengan Nama Whistling Duck Atau Itik Bersiul, Bagaimana Suaranya? Download Mp3 Suara Belibis Disini!

Burung Belibis dengan nama latin Dendrocygna adalah jenis unggas dengan paruh datar (Anseriformes) yang bisa mengeluarkan suara seperti halnya siulan. Sebab ciri nya yang khas ini, dalam bahasa Inggris burung belibis dikenal sebagai whistling duck yang artinya itik bersiul. Burung yang termasuk anggota suku Anatidae, belibis mempunyai kedekatan genetik dengan itik.

Berikut link Download Mp3 Suara Belibis yang bersumber dari link omkicau.com:

Download Mp3 Suara Burung Belibis 1: Silakan KLIK DISINI

Download Mp3 Suara Burung Belibis 1: Silakan KLIK DISINI

Download Mp3 Suara Burung Belibis 1: Silakan KLIK DISINI

Selain download MP3 suara burung Belibis untuk masteran alternatif, di situs ini anda juga bisa download MP3 kicauan burung lainnya seperti: suara murai batu, kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang laut yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul.
Belibis termasuk burung dari keluarga Anatidae, yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan itik, mentok, kambangan, trutu, soang, dan boha. Ujudnya secara fisik mirip mentok / entok, namun memiliki kemampuan terbang yang sangat bagus.
Belibis atau Dendrocygna adalah sekelompok unggas berparuh datar yang dapat mengeluarkan suara seperti siulan. Karena kekhasan ini, dalam bahasa Inggris ia dikenal sebagai whistling duck. Menurut Wikipedia, Nama ilmiah burung belibis adalah Dendrocygninae
Warna bulunya bervarisasi, tergantung jenis / spesiesnya. Burung belibis berada dalam genus Dendrocygna, yang terdiri atas delapan spesies. Empat spesies di antaranya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu:
  • Belibis totol / spotted whistling duck (Dendrocygna guttata)
  • Belibis rumbai / plumed whistling duck (Dendrocygna eytoni)
  • Belibis kembang / wandering whistling duck (Dendrocygna arcuata)
  • Belibis polos / lesser whistling duck (Dendrocygna javanica)
Adapun empat spesies lainnya tidak dijumpai di Indonesia, yaitu :
  • Belibis indian / west indian whistling duck (Dendrocygna arborea)
  • Belilis muka-putih / white-faced whistling duck (Dendrocygna viduata)
  • Belibis perut-hitam / black-bellied whistling duck (Dendrocygna autumnalis)
  • Belibis bicolor / fulvous whistling duck (Dendrocygna bicolor)
Jenis dari Burung Belibis ini memanglah beraneka ragam, akan tetapi yang paling populer adalah jenis burung Belibis Kembang.

Burung Belibis Kembang yang memiliki nama latin disebut Dendrocygna arcuata merupakan sejenis burung yang hidup di daerah berair.

Warna pada bagian bulu-bulunya kecoklat-coklatan, lehernya memang lumayan juga panjang dan kecil, kemudian paruh dan kakinya memiliki warna hitam.

Bagian kakinya berselaput renang seperti halnya pada kaki bebek atau kaki itik. Burung Belibis sekarang ini memang memiliki nilai jual yang sudah cukup tinggi.

Makanan yang paling disukai oleh burung Belibis yaitu pakan yang hampir sama dengan pakan bebek. Bisa kita berikan jagung, gabah dan bahkan lebih baik jika kita berikan makan pakan ayam.

Terlebih lagi jika Burung Belibisnya masih kecil yaitu umur 0 hingga sampai 2 bulan. Maka lebih baik diberikan pakan ayam dan sekali kali diselingi dengan diberi dedak.
Itik Belibis Atau Burung Belibis?
Fakta-fakta Tentang Burung Belibis
  • Burung belibis atau ptarmigan (nama yang umum dikenal di Amerika Utara) adalah jenis burung populer dengan kemampuan berubah warna. Awalnya bulu belibis akan berwarna cokelat hingga kemudian berubah menjadi putih.
  • Meskipun berubah warna, ternyata ekor belibis warnanya masih akan hitam atau cokelat.
  • Burung-burung belibis jauh lebih suka berada di ketinggian dengan area yang tandus sekaligus sering bertengger di batu-batu maupun diam di salju atau bersembunyi dibandingkan di pepohonan.
  • Burung belibis senang berburu gabah yang biasanya masih tertinggal di lahan sawah. Sehingga burung belibis akan sering dijumpai di area persawahan ketika masa panen berakhir.
  • Fakta belibis yang pasti tidak terduga yaitu dun eceng gondok yang menjadi makanan favoritnya.
  • Meskipun memiliki bentuk yang menggemaskan dan lucu, belibis ternyata tidak mudah ditangkap.
  • Burung Belibis termasuk dalam jenis burung liar yang biasa berburu makanan pada saat malam hari.
  • Burung belibis biasa disebut sebagai itik liar maupun itik air.
  • Saat ini bisa mengetahui lebih banyak fakta belibis dengan cara mengunjungi Desa Teluk Betung, Kecamatan Sungai Pandan, Hulu Sungai Utara, Kalsel. Karena di sana ada banyak burung belibis yang bisa dengan leluasa diamati.
  • Belibis masih memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan spesies itik. Sehingga secara sadar atau tidak keduanya memiliki tampilan tubuh yang mirip.
  • Daging belibis memiliki cita rasa yang nikmat mirip dengan daging itik atau bebek.
  • Meski berperawakan serupa dengan jenis bebek, burung belibis mampu terbang tinggi. Bahkan belibis juga cukup sering melakukan penerbangan yang sangat jauh hanya demi melakukan migrasi.
  • Burung Belibis jauh lebih senang tinggal di air jika dibandingkan dengan burung jenis lain yang lebih senang di pepohonan atau membuat sarang di tumbuhan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 11:02 PM
Powered by Blogger.