Jenis-Jenis Pakan Ternak Ayam Potong dan Petelur

Pakan ternak adalah penunjang utama keberhasilan usaha peternakan. Pada peternakan unggas, biaya terbesar untuk proses produksi terserap pada sektor pakan ternak. Biaya pakan pada peternakan unggas mencapi 70% dari seluruh komponen biaya.

Pakan ternak unggas sendiri terbagi menjadi beberapa jenis pakan. Masing-masing pakan harus digunakan sesuai dengan masa pemeliharaan dan juga jenis ayam yang dipelihara. Pakan untuk ayam petelur tentunya berbeda dengan pakan untuk ayam pedaging.

Pengetahuan tentang penggunaan jenis-jenis pakan wajib diketahui oleh calon peternak ayam baik ayam potong maupun ayam layer atau penghasil telur. Hal ini penting karena bisa meningkatkan dan memperbaiki produksi jika penggunaan pakan bisa diberikan sesuai umur dan masa pemeliharaan.

Apa saja jenis pakan ayam yang wajib diketahui oleh calon peternak ayam potong dan petelur? Simak uraiannya dibawah ini:

Jenis-jenis Pakan Ternak

Jenis Pakan Ternak Untuk Ayam Pedaging
Pakan ternak ini memiliki 3 jenis produk yang masing-masing memiliki formula berbeda dan disesuaikan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan pada setiap masa pertumbuhannya.
a. Pakan Ternak untuk Pre-Starter
Pakan ternak ini memiliki diberikan kepada ayam pedaging berumur 1 hari hingga ayam pedaging tersebut berumur 7 hari.
b. Pakan Ternak untuk Starter
Pakan ternak ini diberikan kepada ayam pedaging berumur 1 hari hingga ayam pedaging tersebut berumur 21 hari atau ayam pedaging berumur 8 hari hingga ayam pedaging tersebut berumur 21 hari.
c. Pakan Ternak untuk Finisher
Pakan ternak ini diberikan kepada ayam pedaging berumur 22 hari hingga ayam pedaging tersebut dipanen atau sekitar 30-45 hari.

Jenis Pakan Ternak Untuk Ayam Petelur
Pakan ternak ini memiliki 4 jenis produk yang masing-masing memiliki formula berbeda dan disesuaikan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan pada setiap masa pertumbuhannya.
a. Pakan Ternak untuk Pre-Starter
Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur berumur 1 hari hingga ayam tersebut berumur 5 minggu.
b. Pakan Ternak untuk Starter
Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur berumur 6 minggu hingga ayam petelur tersebut berumur 10 minggu.
c. Pakan Ternak untuk Grower
Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur berumur 11 minggu hingga ayam petelur tersebut menghasilkan telur pertamanya.
d. Pakan Ternak untuk Laying Phase
Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur pada periode peneluran hingga afkir.





Jenis Pakan Untuk Ternak Lainnya
Selain pakan ternak di atas, Perseroan juga menawarkan beberapa produk pakan ternak untuk Ayam Pembibit Turunan, Itik, Ayam Kampung, Ayam Aduan, Burung Puyuh dan pakan untuk Sapi, kambing dan domba serta kerbau. Produk pakan ternak tersebut juga ditawarkan sesuai kebutuhan nutrisi pada setiap masa pertumbuhannya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 7:39 PM
Powered by Blogger.