Bagaimana Cara Mengobati Sapi Cacingan?

Sapi Kurus, Makan Banyak Tetapi Susah Gemuk, Kemungkinan Sapi Terserang Cacingan, Ini Cara Mengobatinya!

Banyak obat cacing pabrikan untuk sapi yang cacingan tetapi jika anda kesulitan menemukan atau membeli obat cacing tersebut karena lokasi anda yang jauh dari toko pertanian atau domisili yang dipelosok maka obat alami ini patut dicoba sebagai cara pengobatan cacingan yang efektif.

Bahan-bahan untuk obat alami cacingan banyak tersedia di sekitar anda seperti biji pepaya, buah pinang, bawang putih. Silahkan saja pilih bahan yang paling mudah untuk mengobati sapi anda yang terserang cacingan.


Bagaimana resep dan cara membuat obat cacing dari bahan-bahan herbal untuk mengobati sapi yang cacingan?

Cara Memanfaatkan Tanaman Herbal untuk Obat Cacing pada Sapi
Sebenarnya beberapa tanaman memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai obat anti-cacing dan hal ini biasa dilakukan dalam tehnik beternak pada jaman dahulu. Beberapa jenis tanaman yang biasa diberikan oleh peternak dengan tujuan sebagai obat cacing adalah : pinus, jahe, biji labu, biji pinang, bawang putih, pepaya, bawang putih, jahe, beberapa jenis tanaman karet (contoh : Ficus religiosa) dan beberapa jenis tanaman yang memiliki kandungan tanin dengan konsentrasi yang tinggi.




Resep Obat Cacing Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih yang biasa digunakan untuk memasak di dapur juga mempunyai khasiat anti-cacing yang sangat efektif, terutama untuk melawan infestasi cacing Ascaris sp, Enterobius dan semua jenis cacing paru-paru. Keuntungan lain dari bawang putih adalah adanya kandungan antibiotika alami yang sangat aman dan tidak meninggalkan residu di sapi, antibiotika ini akan berperan sebagai "growth promotor" atau pemacu pertumbuhan pada laju pertumbuhan sapi.
Pada pengobatan sapi-sapi muda penggunaan bawang putih sangat disarankan karena tidak pernah ditemukan efek samping yang merugikan, beberapa cara penggunaan bawang putih sebagai obat cacing adalah sebagai berikut:
  • Bawang putih segar dihancurkan berikut daun bawang putih dapat dicampurkan pada konsentrat yang diberikan pada ternak.(10-20 siung / bulan)
  • 4 siung bawang putih yang dihancurkan dicampur dengan konsentrat dan dibentuk seperti bola, diberikan untuk anak sapi di bawah 6 bulan .
  • Daun bawang putih juga mempunyai efek anti cacing yang kuat, sehingga di daerah penghasil bawang daun bawang putih dapat digunakan sebagai salah satu sumber obat cacing yang murah.



Resep Obat Cacing Menggunakan Buah Pinang

Bahan yang dibutuhkan :
- 10 Biji buah pinang
- Air 1 gelas
Metode :
- Sangrai biji pinang hingga kering, atau dapat juga dijemur hingga kering
- Tumbuk biji pinang yang sudah kering sampai halus
- Campur dengan air 1 gelas
- Minumkan pada sapi
Dosis :
- Biasanya larutan diberikan 1 bulan 1 kali untuk pemeliharaan.
- Untuk pengobatan larutan diberikan 1 kali sehari selama 2 – 3 hari dan biasanya cacing akan keluar dalam waktu 24-48 jam.






Resep Cara Membuat Obat Cacing Dari Biji Buah Pepaya
Biji buah pepaya (Carica papaya) terbukti dapat digunakan sebagai obat cacing yang sangat efektif, terutama untuk infestasi Ascaris sp. Getah pohon pepaya juga memiliki efektivitas yang sama, tetapi secara tehnis penggunaan biji buah akan jauh lebih mudah.
Bahan dan metode
Bahan :
1 genggam biji buah pepaya yang telah dikeringkan
Air 1 gelas
Metode :
  • Tumbuk biji buah pepaya kering sampai lembut dan campurkan dengan segelas air
  • Minumkan pada sapi
  • Dosis :
  • Larutan dapat diberikan dengan dosis 1 bulan sekali untuk pemeliharaan
  • Untuk pengobatan larutan diberikan 1 hari sekali, selama 2 – 3 hari. 

Sebenarnya masih ada bahan-bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai sarana untuk pengobatann cacingan pada sapi dan ternak lainnya. Tetapi 3 bahan diatas adalah termasuk yang paling banyak tersedia disekitar tempat tinggal anda terutama bawang putih yang hampir di setiap dapur rumah tangga memiliki jenis bumbu penyedap yang satu ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 9:42 PM
Powered by Blogger.