Harga Sapi Madura Terbaru 2017 Jelang Idul Adha

Harga Sapi Madura di Pasar Hewan Jelang Hari Raya Kurban 2017

Sapi Madura adalah sapi asli Jawa Timur yang dikembangkan di pulau Madura, dari namanya juga orang mudah mengingat darimana sapi ini berasal. Sapi Madura sebelumnya banyak dikenal dalam pertandingan karapan sapi yang sangat populer di pulau Madura.


Harga sapi Madura secara umum biasanya lebih tinggi dari jenis sapi lainnya seperti misalnya sapi Bali atau Kupang Bali maupun jenis sapi SO. Ukurannya yang kecil menjadikan sapi Madura sangat dicari saat menjelang hari raya Idul Adha. Sapi Madura memiliki bobot kebanyakan antara 200 - 300 kg meski sudah berumur (sudah poel) sehingga sangat diminati oleh mereka yang mencari sapi Kurban.

Sapi Madura dengan spek Kurban biasanya banyak ditawarkan dengan harga antara Rp 12.000.000 - 17.000.000 per ekornya atau jika dikonversi per kg maka harganya berkisar Rp 60.000 an per kg. Sedangkan untuk spek sapi potong sapi Madura masih dijual dengan harga Rp 48.000 - Rp 50.000 per kg.

Dengan asumsi jika orang berkurban secara bersama-sama dan masing-masing senilai Rp 2 juta maka dengan bergabung 7 orang akan terkumpul dana 14 juta yang sangat cocok jika dibelikan sapi kurban jenis sapi Madura.

Meski kecil, sapi Madura memiliki beberapa keunggulan antara lain:
  • Memiliki tulang yang kecil sehingga persentase daging lebih banyak
  • Fat sangat tipis atau bisa dibilang tidak ada lemak
  • Sapi tahan penyakit
  • Sapi Madura tahan dengan perubahan cuaca ekstrim
  • Sapi Madura tahan dengan jenis pakan yang kurang bagus
Daerah terterntu seperti pangkal pinang di Bangka belitung sangat menyukai sapi Madura sebagai sapi Kurban dan tiap hari raya kurban bisa ratusan sampai ribuan ekor sapi Madura yang dijual atau dikirim dipangkal pinang.

Demikian informasi singkat harga sapi madura jelang idul adha. Harga bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda diantara pasar hewan yang satu dan lainnya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 11:23 PM
Powered by Blogger.