Isu Sapi Belgian Blue Silangan Dengan Babi, Ini Faktanya!

Benarkah Ada Gen Babi Yang Diintroduksi Pada Sapi Super Kekar Berotot Belgian Blue?

Belgian Blue Bull (foto by google images)
Sapi Belgian Blue adalah sapi yang dikenal dan terkenal karena postur tubuhnya yang sangat berotot bak binaragawan. Karena kekekaran ototnya inilah hingga muncul berbagai macam isu yang kadang "konyol" dan tidak masuk akal. Salah satu isunya adalah bahwa sapi Belgian Blue adalah persilangan Sapi dengan Babi (Gen Babi). Bagi orang awam isu ini sangat menyesatkan dan mungkin saja bisa dipercaya padahal dalam ilmu genetika menyilangkan gen ternak atau hewan yang beda spesies adalah hal yang mustahil. Sebagai contoh coba kita silangkan kambing dengan domba apa hasilnya? Tidak akan bisa meski kedua ternak tersebut yaitu kambing dan domba di pula Jawa sama-sama disebut "wedus" atau "embek".
Bagaimana bisa makhluk-makhluk dengan spesies dengan jumlah kromosom yang berbeda (sapi 29xy sedangkan babi 18xy) ini dapat disilangkan untuk berkembang biak? Sapi Belgian Blue originally berasal dari Belgia. Sapi ini disebut juga 'double muscling', adalah hasil dari mutasi secara natural gen myostatin yang mengkode protein myostatin (myo = muscle, otot ; statin = stop), jadi myostatin adalah protein yang menghambat pertumbuhan otot. Nah karena mutasi ini, menyebabkan myostatin tidak berfungsi normal lagi sehingga otot terus berkembang. Project Belgian Blue itu mengakumulasikan mutasi myostatin lewat seleksi dan mating (perkawinan). Tidak ada manipulasi macam-macam. Singkat ceritanya begitulah hingga sapi Belgian Blue mempunyai bentuk fisik menyerupai binaragawan. Sebagai contoh lain double muscling juga dapat telihat pada spesies lain misalnya pada tikus. (Sumber:dosen fapet UGM, Tri Satya Mastuti Widi).
Ini Fakta-fakta Sapi Belgian Blue Untuk Menangkal Isu Miring Terkait Persilangan dengan Babi, semoga bermanfaat.


Belgian Blue Merupakan Sapi Berotot Pertama
Sapi ini berasal dari Belgia utara dan daratan Eropa bagian tengah. Menurut informasi, sapi belgian blue ini merupakan jenis sapi berotot yang pertama di dunia.

Awalnya adalah Perkawinan Silang Sapi Jenis Shorthorn dan Charolais
Sapi ini adalah hasil perkawinan dari dua jenis yang berbeda yaitu merupakan percampuran dari sapi  unggul jenis Shorthorn dan Charolais

Mudah Untuk Mencapai Berat Lebih dari 1 Ton
Dengan kondisi yang demikian berotot, jenis sapi ini mampu mencapai bobot potong lebih dari 1 ton dengan mudah

Tahan Terhadap Musim
Iklim negara Eropa tak menentu bahkan hingga mencapai suhu yang sangat ekstrem. Keunggulan sapi Belgian Blue adalah mampu bertahan pada musim yang ekstrim

Memiliki Kulit Tipis dan sedikit lemak
Badannya yang besar dan kekar menjadikan kulit sapi Belgia lebih tipis. Jenis sapi lain yang memiliki kulit tipis adalah sapi perah jenis FH

Belgian Blue adalah Sapi Yang Jinak
Belgian Blue adalah sapi yang jinak (sumber foto by google)

Jangan tertipu dengan tongkrongan sapi yang berotot ini dan terkasan liar atau ganas karena meskipun tampilannya mengerikan karena ukurannya besar, ternyata sapi ini sangat jinak.

HargaTinggi
Harga paling rendah sapi jantan Belgian Blue sekitar 2000 pound atau sekitar Rp 35 juta.

Nama Lain dari Belgian Blue:
Belgian Blue biasa disebut Race de la Moyenne et Haute Belgigue, Belgia Biru-Putih, Belgia White-dan-Blue Pied.

Memiliki Banyak Warna
Meski namanya Belgian Blue yang menunjuk pada satu warna blue tetapi ternyata warna kulit sapi ini tidak cuma satu warna, ada putih, cokelat, biru gelap, merah muda, hitam hingga merah.

Sapi "Double Muscling"
Belgian Blue, Double Muscling Cattle
Saking besarnya otot, sapi ini sampai mendapat julukan "double muscling". Dan ternyata fenomena otot yang double muscling ini bisa juga terjadi pada hewan lain seperti tikus misalnya.

Jadi jelas jika sapi belgian blue diperoleh dengan persilangan sapi unggul dan bukan merupakan persilangan dengan babi ataupun ada gen babi yang diinduksikan pada sapi tersebut.

Silahkan sebarkan dan bagikan artikel ini untuk menangkal isu yang menyesatkan tentang sapi Belgian Blue si Sapi Jumbo Berotot. Semoga bermanfaat.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 7:17 PM
Powered by Blogger.