Kandang Kelinci, Cara Membuat dan Contoh Modelnya

Cara Mudah Membuat Kandang Kelinci Yang Baik Serta Contoh Model Kandang Kelinci Berbagai Ukuran dan Kegunaan 

Membuat kandang kelinci sebenarnya mudah, yang penting tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaannya. Salah satu pertimbangan penting dalam membuat kandan kelinci adalah akan digunakan untuk apa kandang tersebut, apakahh untuk kandang indukan dan perkembangbiakkan atau untuk kandang kelinci hias atau mungkin juga untuk kandang penggemukkan kelinci. Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat membuat kandang kelinci.

Menentukan Bentuk Kandang Kelinci
Sumber: kelinci3rabbitry.blogspot.com


Kandang dapat dibuat dengan bentuk bersusun, namun tepat dibawah kandang harus terdapat jarak sebagai tempat kotorannya nanti karena apabila tidak ada akan mengakibatkan kotoran kelinci diatasnya akan jatuh tepat pada kelinci dibawahnya dan itu akan berakibat berbagai hal seperti kelinci akan terkena bakteri jahat saat lembab, pada jarak kandang tersebut bisa dibuatkan tempat khusus untuk menampung kotoran sementara sebelum dipindahkan. Selain itu kandang juga harus terdapat sirkulasi udara yang cukup supaya kelinci nyaman berada didalamnya.

Menentukan Ukuran Kandang

Apabila area yang akan dipakai untuk lokasi kandang masih cukup luas maka sebaiknya buatlah kandang yang lebar agar kelinci nyaman dan menghindari kelembapan, namun apabila area yang akan digunakan untuk kandang tidak luas maka bisa membuat kandang dengan luas yang minim, walaupun hal ini tidak baik untuk kelinci, namun walaupun minimum tetap harus diperhatikan ukuran lebarnya, paling tidak 4 kali ukuran besar kelinci.

Mempersiapkan Alas Kandang
Alas Kandang Kelinci  ( Sumber: grahakelinci.blogspot.com)

Alas kandang sebaiknya dibuat dengan bahan yang kuat supaya tidak bergoyang saat terinjak kelinci, selain itu apabila alas tersebut terdapat celah maka sebaiknya tidak terlalu lebar atau sempit karena untuk menghindarkan kelinci dari kejepit, dimasuki tikus dan yang lainnya. Alas juga sebaiknya bisa dicopot supaya mudah apabila akan membersihkannya.

Mengatur dan Menentukan Ukuran Tinggi Kandang, Jarak Kandang dan Penampilan (Model) Kandang Kelinci
Kandang kelinci yang akan dibuat sebaiknya memiliki tinggi yang disesuaikan dengan fungsi kandangnya sendiri, jangan terlalu pendek sebab salah satu kesehatan kelinci ditentukan saat seringnya berdiri, maka tinggi kandang bisa ditentukan dengan ukuran panjang kelinci yang akan ditaruh didalamnya, semisal kelinci dengan panjang 50 cm maka bisa dibuat kandang dengan kelinci 60 cm. Jarak antara kandang dengan tanah diusahakan minimal 30 cm agar kelinci jauh dari kotoran sehingga dapat meminimalisir kelinci terserang bakteri yang bisa membuatnya sakit. Kandang bisa ditempatkan pada tempat teduh namun masih terjangkau sinar matahari, apalagi sinar matahari pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai 8 yang sangat penting untuk kesehatan kelinci, jadi usahakan sinar matahari pagi dapat masuk dalam kandang.

Berbagai Contoh Model Kandang Kelinci
Berikut ini berbagai model dan desain kandang kelinci yang bisa dijadikan inspirasi saat anda akan membuat kandang kelinci.







FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 6:13 PM
Powered by Blogger.