Pemberian Pakan Ternak Kuda Menyesuaikan Umurnya

Pakan Ternak Kuda, Hijauan dan Konsentrat
Pakan Kuda. Pakan utama atau makanan pokok kuda adalah rumput-rumputan seperti jenis Panicum maticum atau Brachiaria mutica. Rumput sebagai pakan kuda hanya mampu memberikan energi untuk kegiatan biasa yang dilakukan sehari-hari pada kuda. Sedangkan untuk kuda-kuda dalam kompetisi pacuan kuda dan kuda untuk transportasi dibutuhkan tambahan nutrisi dan gizi selain rumput. Tambahan nutrisi dan gizi disebut juga dengan tambahan konsentrat dalam pakan. Konsentrat merupakan pakan yang diberikan pada kuda untuk menambahkan energi. Konsentrat dapat diberikan pada kuda dengan memberikan pakan berupa jagung, gandum, ataupun kacang-kacangan seperti kedelai.

Sebenarnya untuk cara pemberian pakan ternak pada berbagai macam dan jenis ternak hampir selalu disesuaikan dengan pertumbuhan ternak tersebut. Dengan kata lain pemberian pakan pada ternak jenis apa saja harus disesuaikan dengan umur ternak yang bersangkutan. Hal ini juga berlaku pada cara pemberian pakan untuk ternak kuda.


Seperti fungsi penting pakan pada ternak sapi, kerbau, kambing, domba dan juga ternak kelinci, pemberian pakan ternak kuda juga menjadi salah satu fokus utama. Pemberian pakan ternak kuda yang mencukupi dan baik secara gizi dan nutrisi diharapkan dapat terlaksana. Pemberian pakan seyogyanya selalu disesuaikan dengan kebutuhan tubuh ternak yang tentunya sangat berkaitan dengan umur/kedewasaan ternak.


Tahapan Pemberian Pakan Ternak Kuda Disesuaikan Dengan Umur Kuda:
  • Pakan Bayi Kuda: Umur Kuda 1 hingga 6 bulan; karena masih tergolong bayi kuda, kuda pada usia ini tidak mengonsumsi pakan hanya menyusui dari ibu kuda.
  • Pakan Anak Kuda. Umur 6 hingga 12 bulan; kuda pada masa anak-anak membutuhkan pakan dengan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya.
  • Pakan Kuda Masa Pubertas. Umur 12 hingga 24 bulan; kuda berada pada masa pubertas sehingga membutuhkan pakan dengan kandungan protein cukup tinggi berkisar 18% dalam pakan kuda. Pada usia ini juga kuda mungkin akan mengalami siklus reproduksi ataupun menyusui. Sehingga pakan harus mengandung vitamin yang tinggi agar kuda tetap fertile. Kadar protein dan vitamin dalam pakan dapat ditambahkan dengan mencampurkan bahan makanan yang mengandung vitamin serta mineral seperti vitamin A, B, D, E, dan K serta Kalsium dan Fosfor.
  • Pakan Kuda Dewasa. Umur kuda di atas 24 bulan; kuda sudah memiliki dasar stamina yang cukup untuk bertahan hidup. Pakan kuda di usia ini diharapkan tetap mencukupi kebutuhan kuda sesuai aktifitasnya.
Manfaat dan Fungsi Ternak Kuda:
  • Alat Olah Raga, Kuda Pacu dan Kuda Lomba Keserasian
  • Alat Transportasi, Kuda Penarik Delman dan Kuda Perang
  • Penghasil Daging, Kuda Konsumsi
  • Hobi, Kuda Hias
  • Alat Kerja, Kuda Untuk Menggiring Ternak
  • Dll


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 9:20 PM
Powered by Blogger.