Kupas Tuntas Jambu Kristal, Kandungan Nutrisi, Manfaat Dan Cara Budidaya


Cara Tanam Jambu Kristal Dalam Pot dan Pekarangan, Manfaat Jambu Kristal dan Kandungan Gizinya

Jambu kristal (Crystal) merupakan mutasi dari jambu Muangthai Pak, ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung – Taiwan dan diperkenalkan di Indonesia oleh Misi Teknik Taiwan. Jambu kristal memiliki beberapa keistimewaan antara lain berbuah sepanjang tahun, memiliki jumlah biji kurang dari 3% bagian buah, lapisan lilin yang tebal, bobot buah optimum 500 g/buah, dan tekstur buah yang renyah. Saat ini, sentra pengembangan jambu kristal terdapat di Bengkulu (Bengkulu Utara), Jawa Barat (Depok, Majalengka, Bogor, Kuningan, Subang, Sukabumi, Sumedang), DI. Yogyakarta (Gunung Kidul), Papua (Kota Jayapura), dan Papua Barat (Manokwari).
Selain memiliki daging buah yang renyah dan rasa yang menyegarkan, ternyata buah jambu biji kristal taiwan ini juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Adapaun kandungan yang terdapat pada buah jambu biji ini antara lain : kandungan protein, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, serat, omega 3 dan 6,zat postassium, mineral, zat besi dan lain sebagainya.

Melansir dari Specialty Produce, jambu kristal atau psidium guajava ini umumnya ditemukan di Malaysia dan wilayah Pasifik Selatan. Jika jambu biji yang kita ketahui selama ini terbagi menjadi dua varietas, yakni daging putih dan daging merah. Jambu kristal sendiri merupakan turunan dari jambu biji varietas putih yang biasanya memiliki tekstur lebih keras.

Jambu biji tanpa biji ini adalah produk sampingan alami dari kesuburannya yang rendah. Tetapi, nilai gizi jambu kristal tidak kalah dengan jambu biji jenis lainnya.

Jambu kristal juga merupakan sumber vitamin C, kalium dan serat makanan yang sangat baik. Bahkan jambu kristal ini telah digunakan dalam sejumlah pengobatan tradisional di Afrika, Asia hingga Karibia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat buah jambu biji kristal taiwan yang perlu anda ketahui :

1. Mampu Mengobati Diare
Buah jambu biji kristal taiwandipercaya memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, selain itu, buah jambu kristal ini juga mengandung senyawa astrinents. Senyawa astringents merupakan zat yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri penyebab munculnya penyakit diare.

2. Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
di Dalam buah jambu biji kristal terdapat berbagai macam vitamin serta mineral yang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh anda dengan baik sehingga anda akan Selalu fit dan segar dalam beraktivitas, Terjaganya fokus dan Terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Mencegah Sembelit
Buah jambu kristal juga mengandung serat yang sangat tinggi. kandungan serat ini dipercaya mampu membantu menuntaskan ganguan sembelit dan susah buang air besar. Jadi bagi anda yang sedang merasakan sembelit, atau sulit untuk buang air besar? cobalah untuk rajin mengkonsmsi jambu kristal.

4. Mencegah Anemia
didalam buah jambu kristal ini dipercaya memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. dengan rajin mengkonsumsi buah jambu kristal dapat membantu anda untuk mencegah terjadinya gejala-gejala anemia seperti : mudah lesu, lelah dan letih, bahkan sering tidak fokus dalam bekerja serta beraktivitas.

5. Mengobati batuk dan flu
Buah jambu kristal taiwan ini sangat bagus untuk membantu mengurangi lender di tenggorokan. bukan hanya itu saja, dengan mengkonsumsi buah jambu kristal ini, anda akan terbebas dari dari seranagn batuk dan flu karena kandungan dalam buah ini mampu menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang akan menyebabkan batuk serta flu.

6. Mencegah Infeksi dan virus
Mengkonsumsi buah jambu kristal secara rutin dan teratur di setiap harinya dapat membantu mencegah masuknya berbagai jenis virus-virus yang sangat berbahaya ke dalam tubuh serta dapat mencegah terjadinya infeksi dan peradangan. Hal ini dikarenakan buah jambu ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berperan sangat penting sebagai anti infeksi dan anti bakteri.

7. Sebagai Zat Antioksidan
Buah jambu biji kristal taiwan ternyata juga memiliki kandungan zat antioksidan yang terkandung dalam buahnya. Zat antioksidan ini dipercaya mampu membantu sebagai penangkal radikal bebas menjadi pemicu dari munculnya berbagai penyakit. Seperti kanker serta penyakit-penyakit kronis lainnya, Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam tejadinya proses penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.

8. Sangat Baik Untuk Kesehatan Tulang
Siapa bilang hanya susu yang sangat baik untuk kesehatan tulang saja?. Ternyata buah jambu kristal juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang anda. Jadi, Bagi yang kurang menykai susu, Buah jambu kristal bisa menjadi altelnatif pilihan anda untuk menjaga tulang anda tetap sehat dan kuat.

9. Mampu Mencegah Penyakit jantung
Di dalam buah jambu kristal terkandung beberapa zat antara lain Vitamin C, Vitamin B, magnesium, vitamin E. Berbagai zat ini dipercaya sebagai kunci untuk kesehatan jantung. Selian itu, Kalium yang terdapat dalam buah jambu juga dipercaya untuk membantu dalam mengontrol tekanan dalam darah.

10. Menjaga Kesehatan Mata
Didalam buah jambu kristal taiwan ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi lho. Vitamin A yang terdapat dalam buah jambu kristal dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, Vitamin A juga membantu anda untuk mencegah dan mengobati berbagai macam gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, rabun ayam, katarak, serta silindris.

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Serat adalah salah satu zat yang sangat penting dalam membantu kesehatan pencernaan anda. sehingga anda dapat terhindar dari berbagai macam ganguan pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas anda. untuk itu, mulai sekarang, jadikan buah jambu kristal ini sebagai cemilan sehat anda untuk menjaga kesehatan pencernaan anda.

12. Menjaga Kesehatan Kulit
Buah jambu Kristal taiwan merupakan salah satu jenis buah yang dipercaya memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E ini mampu untuk membantu Mencegah kulit kering dan bersisik, Menutrisi kulit dari dalam, Mencerahkan wajah, Mengangkat sel kulit mati dan Menjaga kelembaban kulit. Jika anda ingin kulit anda tetap cerah dan sehat, muai sekarang konsumsilah buah ini secara teratur setiap harinya akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Cara Budidaya Jambu Kristal

Jambu kristal (Psidium guajava) adalah varietas jambu biji yang sekarang banyak digemari masyarakat Indonesia. Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang berlapiskan lilin di kulitnya.

Daging buahnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah. Bobot buah rata rata 300 g bahkan ada yang mencapai 800 g.

Keunggulan yang paling istimewa adalah jumlah bijinya yang kurang dari 3 persen bagian buah yang tidak didapat pada jambu biji jenis manapun.

Buah yang satu ini selain manis dan menyegarkan juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, misalnya kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, antitumor, antioksidan, dan antiperadangan, serta mampu mencegah penuaan dini.

Untuk Anda yang ingin membudi dayakan tanaman buah satu ini, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan diantaranya adalah:
  • Tanaman jambu kristal dapat tumbuh di daerah dengan intensitas curah hujan antara 2.000-3.000 mm/tahun dan dapat tumbuh, berkembang dan berbuah dengan optimal pada suhu sekitar 20-30oC di siang hari.
  • Tanaman jambu kristal dapat tumbuh baik pada lahan yang subur dan gembur dengan derajat keasaman tanah (pH) antara 6-6,5 serta berdrainase baik.
Perawatan tanaman jambu kristal ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan memberikan pupuk organik, ZPT, dan penyiraman secara rutin dan sesuai ukuran.

Jika Anda menghendaki menanam bibit jambu kristal di dalam pot atau pekarangan, sebaiknya tidak didekatkan dengan tanaman jambu biji pada umunya, agar tidak mengganggu pertumbuhan jambu kristal.

Jika ditanam dengan pot (Tabulampot):
Rekomendasi ukuran Pot: Diameter lebih dari 60 cm (ukuran besar)
  • Media tanam, tanah:humus = 2:1
  • Tips pemberian pupuk: dilakukan kira - kira 30 hari sekali menggunakan Pupuk NPK atau sejenisnya
  • Cara pemupukan ditabur dan dibenamkan disekeliling kanopi tanaman
  • Tajuk tegak dengan kanopi rapat dan tidak melebar.
Jika ditanam di pekarangan:
  • Disiapkan lubang tanam ukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm, lubang tanam dibiarkan selama seminggu agar memperoleh cukup sinar matahari dan oksigen,
  • Selanjutnya, lubang diisi media campuran tanah permukaan (top soil) dengan beragam pupuk seperti pupuk kandang (10 kg), Urea (100 g), TSP (100 g), KCL 9100 g) dan kapur dolomit (100 g)
  • Perawatan selanjutnya adalah dengan menyirami tanaman secukupnya dan penyemprotan herbisida sistemik 6 kali dan 2 kali herbisida kontak dalam setahun
  • Pemupukan berikutnya dilakukan 2 bulan sekali dengan dosis setara
  •  Agar tumbuhan jambu kristal ini tumbuh dengan baik dan subur maka setidaknya lakukan pemupukan secara berkala. Anda bisa melakukan pemupukan ketika berumur 0 hingga 1 tahun sedangkan jenis pupuk yang akan diberikan adalah pupuk campuran : TSP, Pupuk Kandang, ZK dan Urea. Taburkan pupuk di sekitar tanaman atau and ajuga bisa dnegan cara melubangi tanah dan masukan pupuk sedalam 30 cm.
Penyiraman: Anda bisa melakukan penyiraman setelah bibit yang didapat dari hasil transpalasi maupun cankokan setelah 2 minggu lamanya. Penyiraman ini sendiri cukup dilakukan 2 kali sehari. Setelah bibit tumbuh dengan baik maka kurangi intensitas penyiraman hanya menjadi sekali setiap hari nya. Dan usahakan anda menjauhkan bibit tanaman ini dari area yang mudah mendapatkan genangan air ketika hujan lebat melanda. Jika memang tidak memungkinkan maka gunakan saja parit yang dibuat secara manual. Ini akan memudahkan jalur air anda untuk mengalir dan lakukan saja panyiraman setiap pagi atau sore.

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit

  • Kutu putih, ulat daun, jamur karat merah, kumbang buah, lalat buah, kutu putih dan jamur embun adalah jenis penyakit dan hama yang sering menyerang jambu kristal.
  • Gunakan metode membungkus buah agar bisa menjadi pengendalian dan pencegahan hama yang akan merusak kualitas buah.
  • Gunakan pengontrolan menggunakan penyemprotan insektisida, umpan beracun serta menggunakan air rebusan pala.
  • Air rebusan pala ini mengandung senayawa metyl eugenol yang bisa mebasmi hama dan penyakit jambu kristal sedangkan insektisida sebaiknya gunakan yang mengandung zat aktif metyl eugenol serta yang memiliki kandungan Chloropyrifos.
Untuk menghasilkan buah yang mulus, perlu dilakukan pembungkusan dengan menggunakan styrofoam  dan plastik. Hama yang banyak menyerang buah ini adalah lalat buah, kutu putih dan ulat daun. Lalat buah lah yang menyebabkan kualitas buah rendah dan ditolak oleh pasar. Salah satu cara sederhana tetapi ampuh untuk mengatasi hama lalat buah dengan pembrongsongan. Dengan penerapan budidaya yang baik, akan dihasilkan buah jambu kristal bermutu baik sesuai dengan permintaan pasar.
Pada umumnya tanaman jambu kristal akan berbuah setelah umur 2 tahun, namun dengan bibit hasil cangkokan bisa cepat berbuah saat umur 6 bulan. Buah jambu bisa dipanen saat jambu sudah berwarna putih kekuning-kuningan bila dibandingkan dengan buah yang masih hijau dan belum matang.

Diolah dari berbagai sumber


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 7:24 AM
Powered by Blogger.