Ciri-ciri dan Karakter Ayam Pelung, Jenis Ayam Kampung Unggulan

Jenis Ayam Kampung Kualitas Unggul, Ayam Pelung Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan kebanyakan biakan ayam yang diseleksi untuk penampilan fisik, ayam pelung diseleksi karena suara kokokannya yang panjang dan memiliki lagu, seperti ayam ketawa dan ayam Berg. Tentu saja hanya ayam jantan yang memiliki sifat ini. Kebutuhan bibit ayam pedaging di Indonesia memang masih mengandalkan import dari luar negeri, jika ayam pelung ini bisa dioptimalkan tentu akan menjadi submer bibit ayam kampung pedaging unggul yang menguntungkan. Berdasarkan penelitian tidak hanya ayam pelung saja yang lebih cepat pertumbuahnnya, silangan ayam pelung dengan ayam kampung juga lebih cepat pertumbuhan berat badannya.
Ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam ras asli Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam kampung khas Indonesia. Seperti diketahui daging ayam kampung kini menjadi primadona yang kian poluler di tengah masyarakat kita. Hal ini didasarkan pada kesadaran masyarakat masyarakat modern yang cenderung semakin menghindari konsumsi daging seperti ayam broiler dan beralih ke ayam kampung .

Perbedaan Ayam Pelung Jantan dan Betina 

Ciri-ciri ayam pelung jantan :

1. Memiliki kaki yang panjang dan cakar yang kokoh
2. Warna kakinya hitam kebiru-biruan
3. Untuk ayam pelung jantan berwarna merak kehitaman, blorok, kehijau-hijauan
4. Kokoknya panjang, merdu dan tidak terputus-putus
5. Postur tubuhnya tegap, gagah dan energik
6. Memiliki mata yang bersinar dan tajam
7. Bentuk jengger yaitu tunggar, bergerigi dan berwarna merah menyala
8. Untuk paruhnya runcing dan tebal
9. Memiliki leher besar, panjang dan kokoh

Ciri-ciri ayam pelung betina :

1. Memiliki mata yang tajam dan bersinar
2. Dadanya berbentuk lebar dan bidang
3. Memiliki kepala yang lonjong
4. Bentuk kakinya panjang dan sempurna
5. Sayapnya rata dan tidak menggantung
6. Berasal dari keturunan yang dapat menghasilkan telur yang banyak












Ayam kampung dianggap lebih higienis dan memiliki cita rasa yang lebih baik. Agar bernilai ekonomis tinggi dalam ternak ayam kampung harus dipilih ayam kampung jenis ayam yang unggul. Ayam pelung merupakan salah satu alternatif ayam kampung unggul untuk dibudidayakan. Salah satu keunggulan ayam pelung adalah pertumbuhan yang cepat dan berat badan yang lebih berat dibandingkan ayam kampung lainnya.

Pelung memiliki keunikan suara kokok yang merdu serta postur tubuhnya yang agar besar serta memiliki bulu yang berkilau dibandingkan dengan jenis ayam kampung lain. Ayam pelung dewasa memiliki bobot 5 – 6 kg dengan tinggi sekitar 40 – 50 cm. Saat ini ayam pelung memang menjadi primadona di kalangan penghobi ayam hias di Indonesia. Banyak yang menyukai jenis ayam ini karena keunikannya, bahkan para pecinta ayam hias sering mengadakan kontes dan lomba ayam pelung secara rutin di berbagai daerah di wilayah Indonesia. Keunikan ayam pelung adalah suara kokoknya yang panjang dan merdu serta postur tubuhnya yang cukup besar.

Sebagai salah satu jenis Ayam Kampung Unggul, nampaknya ayam pelung belum digarap secara maksimal oleh para peternak. Peternakan ayam pelung sampai saat ini lebih banyak didominasi untuk keperluan hobi dan sebagai ayam hias. Kebanyakan penggemar ayam pelung menikmati kokoknya yang indah. Untuk berorientasi pada daging belum banyak yang menekuninya, padahal ayam pelung punya potensi keunggulan di aspek ini.

Potensi peternakan ayam pelung sebagai sumber daging ayam kampung juga tidak kalah menjanjikan keuntungannya. Ayam pelung bisa menjadi alternatif sumber bibit ayam kampung unggul, yang cepat pertumbuhannya untuk diambil daginnya. Setidaknya ada beberapa alasan diantaranya adalah pasar untuk hobis dan ayam hias memiliki ceruk pasar yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan konsumsi. Kebutuhan konsumsi daging ayam kampung diperlukan hampir setiap orang. Sehingga pasar yang kedua ini lebih terbuka lebar.

Alasan yang kedua adalah tidak setiap ayam pelung yang diternakkan dan dibudidayakan memiliki kualitas yang sesuai dengan kriteria dalam kontes ayam pelung, sehingga ayam pelung yang tidak masuk dalam kategori ini harganya tidak akan bisa terdongkrak naik terlalu significant.

Bagi peternak ayam pelung yang sudah cukup besar, hasil ternakan ayam pelung selalu dipilih berdasarkan grade kualitas. Ayam pelung bagus akan dipelihara dan dirawat secara istimewa untuk dijual dengan harga tinggi atau diikutkan dalam kontes. Ayam kualitas kedua masih bisa dijual kepada penghobi, sedangkan ayam pelung tidak layak kontes akan dimanfaatkan sebagai ayam pedaging.

Tips dan Cara agar ayam pelung rajin berkokok : 

1. Selalu menjaga kebersihan kandang yang digunakan
2. Memberikan pakan yang sehat dan teratur
3. Membuat kandang dengan sistem kandang
4. Sediakan minum yang cukup
5. Semprotkan air ke bagian tubuh ayam pelung
6. Pindahkan kandang pada tempat tertutup saat hujan datang
7. Hindarkan dari sinar matahari yang terik
8. Hindarkan dari serangan predator
9. Pemberian vitamin secara rutin
10. Latihan pernafasan
Dengan melihat potensi ayam pelung yang memiliki berbagai keunggulan tersebut, nampaknya para peternak harus mulai memikirkan ayam pelung sebagai sumber bibit ayam unggul. Tidak hanya untuk kepentingan hiasan tetapi juga konsumsi.
Daftar harga ayam pelung :
Harga Ayam Hias Pelung Per Ekor :
1 Bulan  @  Rp200,000
2 Bulan   @ Rp225,000
3 Bulan   @ Rp250,000
4 Bulan   @ Rp275.000
5 Bulan   @ Rp325.000
Dewasa   @ Rp550,000
Jantan 5 bulan @ Rp 375.000
Indukan jantan @ Rp 450.000
Persilangan ayam ras petelur dan ayam bangkok / pelung / cemani
Silangan antara ayam bangkok, ayam pelung, dan ayam cemani dengan ras petelur. Beberapa pembibit ayam kamper menggunakan bahan yang berbeda, namun ayas ras petelur yang digunakan sama, yaitu White Leghorn.

Beberapa pembibit di Mojokerto, misalnya, lebih senang menggunakan ayam bangkok. Sedangkan di Indramayu dan Bekasi umumnya menggunakan ayam pelung dan ayam cemani.

Dalam hal ini, yang digunakan adalah betina White Leghorn dan pejantan ayam bangkok / pelung / cemani. Tidak ada perkawinan berjenjang di sini, sehingga induk jantan dan induk betina difungsikan sebagai “parent stock” untuk menghasilkan final stock berupa ayam kamper.

Pertumbuhan badannya tidak sebagus model pertama dan kedua, tetapi masih lebih bagus daripada model ketiga. Sama seperti model pertama dan kedua, warna bulu ayam kamper hasil persilangan ini juga dominan putih, dengan selingan warna hitam pada beberapa individu. Keluhan lainnya adalah dagingnya yang sedikit berminyak.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 7:18 PM
Powered by Blogger.