Mengenal Macam-macam Jenis Buah Anggur, Ciri-ciri dan Rasanya

Ukuran, Rasa dan Warna Dari Jenis-jenis Buah Anggur Yang Ada Dipasaran

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Pada umumnya, buah anggur dimakan secara segar namun banyak juga yang mengolahnya menjadi jus anggur, wine, kismis dan selai anggur. Buah anggur diyakini telah dibudidaya sejak tahun 4000 sebelum masehi di Timur Tengah dan berkembang pesat penyebarannya ke seluruh pelosok dunia mulai adanya perjalanan Kolombus yang mengitari dunia. Buah Anggur dalam bahasa ilmiah disebut dengan Vitis vinifera.
Buah Anggur mengandung antioksidan kuat yang dikenal dengan Polifenol. Polifenol ini dianggap memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Salah satu senyawa dari Polifenol adalah Resveratrol yang dapat ditemukan di kulit buah anggur. Penelitian menunjukan bahwa Resveratrol dan memperlambat atau mencegah tumor di Hati, Perut, Payudara, Usus besar, kanker kulit dan Leukemia. Anti-inflamasi lainnya yang terdapat pada buah anggur adalah Quercetin Flavonoid yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Buah anggur adalah buah yang berkesan mewah karena untuk jenis tertentu anggur memiliki harga yang sangat mahal. Disamping lezat dimakan sebagai buah segar, anggur juga bisa dibuat kismis dan juga minuman anggur. Jenis anggur sangat banyak dengan cita rasa yang bermacam pula. Ada yang super asam, agak asam, manis dan asam manis. Berikut ini beberapa jenis anggur.

Autumn King
Jenis anggur yang berukuran buah sangat besar, hijau, silinder ke oval, tidak berbiji

Autumn Royal
Anggur ini ukyrannya relatif besar, hitam, oval memanjang, tidak berbiji

Blanc Seedless
Adalah jenis buah anggur yang berukuran sangat besar, hijau, oval memanjang, tidak berbiji

Crimson Seedless
Ukurannya sedang, merah, silinder, tidak berbiji

Flame Seedless
Ukuran sedang, merah, bundar, tidak berbiji

Princess
Besar, hijau, silinder, tidak berbiji

Red Globe
Sangat besar, merah, bundar, tidak berbiji

Ruby Seedless
Buah anggur yang mempunyai ukuran sedang, merah, oval, tidak berbiji

Scarlet Royal
Anggur jenis ini ukuran buahnya besar, merah, oval, tidak berbiji

Buah Anggur merupakan buah yang berasal dari tanaman merambat dan termasuk dalam keluarga Vitaceae. Buah ini mengandung berbagai Senyawa, Vitamin dan Mineral tinggi sehingga bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah kandungan gizi buah anggur dalam setiap 100 gramnya.
Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 69 kcal
Karbohidrat 18,1g
Air 80,54g
Protein 0,72g
Gula 15,48g
Serat 0,9g
Lemak 0,16g
Vitamin A 66IU 3%
Vitamin C 3,2mg 4%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,19mg 1%
Vitamin K 14,6µg 14%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,069mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,07mg 6%
Vitamin B3 (Niacin) 0,188mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,05mg 1%
Vitamin B9 (Folat) 2µg 1%
Kalsium 10mg 1%
Zat Besi 0,36mg 3%
Magnesium 7mg 2%
Fosfor 20mg 3%
Potassium (Kalium) 191mg 4%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,07mg 1%
Auxerrois Grape
Adalah jenis anggur yang masuk dalam golongan anggur putih karena warna yang agak kuning terang menjurus putih dengan bentuk bulat kecil. Budidaya anggur ini banyak terdapat di Luxemburg dan Kanada dengan karakteristik anggur yang mempunyai rasa yang netral dan lembut. Pada olahannya anggur Auxerrois yang dikenal sebagai Malbec atau C t digunakan sebagai bahan dasar pembuat white wine. Pada olahan menu, anggur ini biasa ditambahkan pada saat memasak olahan berwarna putih seperti daging ikan, Cream Pastry dan ditambahkan pada olahan coffee serta Cooktail.

Barbarossa Grape
Anggur yang memiliki warna merah ini banyak ditemukan di Italia, dan Perancis. Anggur menghasilkan rasa yang cukup kuat dengan tingkat ketahanan yang cukup baik karena tidak mudah rusak. Untuk olahan menu sendiri, anggur jenis ini biasa digunakan pada olahan Shimer dan Salad dengan bentuk utuh karena tidak mudah hancur saat dimasak. Selain itu, yang berbentuk wine digunakan sebagai tambahan untuk memasak daging.

Cabernet Franc Grape
Anggur dengan warna biru gelap ini sangat banyak ditemui di wilayah Perancis. Populasi yang banyak itu menjadikan varietas ini sebagai bahan baku dalam pembuatan wine dan juice. Selain itu, anggur ini digunakan sebagai bahan pembuat saus anggur untuk menemani santapan Steak, seperti T Bone Steak, Pasta Lasagna, Salad serta Cocktail.

Cabernet Sauvignon Grape
Merupakan salah satu anggur terbaik yang ada di Perancis. Warna dari anggur ini sama dengan Cabernet Franc, namun ukurannya sedikit lebih besar. Anggur ini juga sering digunakan sebagai campuran dalam masakan, selain fungsinya sebagai minuman atau Cocktail. Olahan makanan yang dicampur dengan anggur ini seperti Saus dan Steak serta Salad.

Chenin Blanc Grape
Anggur ini memiliki warna yang menarik, yaitu hijau pekat. Penyebaran anggur ini ada di beberapa tempat, seperti AS dan lembah Loire Perancis, dan termasuk dalam golongan anggur Vouvray. Di Afrika Selatan anggur ini disebut dengan Steen, dan beberapa tempat lain di belahan dunia menyebutnya sebagai Pinot Blanco. Sebagai olahan wine, anggur ini memiliki rasa manis yang halus dengan batas ketahanan usia hingga sepuluh tahun. Anggur ini hanya lebih cenderung digunakan pada olahan minuman seperti wine murni atau dicampur menjadi Cocktail.

Olimpia Grape
Varietas anggur yang sudah banyak terdapat di pasaran lokal ini memiliki ukuran buah yang sedang sekitar 19 - 23 mm. Anggur yang sudah bisa beradaptasi dengan suasana iklim tropis ini memiliki rasa manis dengan aroma yang segar serta kulit buah yang tipis dan bisa dimakan tanpa harus dikupas. Anggur ini biasa diolah menjadi Puding, Es Buah.

Takazuma Grape
Memiliki ukuran buah yang besar sekitar 22 - 28 mm dengan rasa manis dan warna merah gelap membuat anggur ini sangat diminati sebagai buah pencuci mulut setelah menyantap makanan. Selain enak untuk disantap, anggur ini juga bisa diolah untuk menjadi campuran aneka Pudding Buah.

Rosario Bianco Grape
Anggur ini memiliki warna hijau muda dengan bentuk buah yang lonjong. Ukuran buahnya cukup panjang hingga 30 mm dengan rasa manis dan segar. Daging buah yang relatif tebal dan tekstur yang renyah membuat anggur ini sangat nikmat untuk disantap sebagai santapan setelah makan. Selain itu anggur ini juga sering diolah menjadi campuran Mix Fruit, Puding dan Es Buah.

Sekirei Grape
Memiliki warna merah pekat dengan bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan Rosario Bianco Grape serta kulit yang tipis. Anggur ini sangat menggoda untuk disantap. Olahan yang sering menggunakan anggur ini adalah Salad, Mix Fruit, Fruit Coktail dan hiasan pada olahan Cake.

Kaiji Grape
Anggur dengan warna merah agak putih bening ini merupakan golongan anggur hibrida berdiameter buah 22 – 24 cm berbentuk lonjong dan memiliki rasa manis serta aroma yang segar dan berkulit tipis. Anggur kaiji memiliki daging buah yang cukup kenyal saat digigit. Olahan anggur ini sering dibuat menjadi Mix Fruit, Fruit Cocktail.
Buah Anggur mungkin terasa manis namun manisnya buah anggur tidak meningkatkan gula darah dan juga tidak menyebabkan meningkatkan kadar insulin secara signifikan sehingga penderita Diabetes dapat dengan aman mengkonsumsinya. Lebih lagi, memilih makanan dengan respon insulin yang rendah seperti anggur dapat mencegah pengembangan karakteristik resistensi insulin diabetes tipe-2. Penelitian terbaru juga menunjukan bahwa ekstrak kulit anggur memberikan aktivitas penghambatan baru pada hiperglikemia dan dapat membantu dalam mengendalikan diabetes.

Buah Anggur dapat mencegah kehilangan penglihatan akibat usia dan degenerasi makula. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Miami menunjukan bahwa anggur dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit penglihatan yang berkaitan dengan rusaknya retina mata. Manfaat ini mungkin dikarenakan buah anggur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kedua antioksidan ini dianggap dapat menetralisir molekul yang tidak stabil atau yang biasa kita kenal dengan istilah radikal bebas.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 6:24 AM
Powered by Blogger.