Mengenal Infused Water, Manfaat, Bahaya dan Cara Gampang Membuatnya

Adakah Bahaya Meminum Infused Water Terus Menerus?

Demi menjaga kesehatan, orang kadang rela melakukan apa saja termasuk mengonsumsi obat-obatan tertentu agar vitalitasnya tetap prima. Beberapa orang memakan pil dan obat kimia atau suplemen berupa vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh maupun meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Seiring kesadaran akan produk-produk herbal tanpa bahan kimia yang kadang membahayakan tubuh, orang-orang mulai beralih ke alam dengan mengonsumsi suplemen alami maupun meminum cairan yang bermanfaat tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Salah satu yang sedang menjadi trend saat ini adalah meminum infused water. Apa itu infused water? Apa manfaatnya bagi kesehatan dan adakah efek sampingnya jika diminum terus-menerus?

Secara sederhana, yang dimaksud dengan Infused water adalah minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral dan berbagai macam potongan buah yang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup selama beberapa waktu.
Infused water dapat menjadi jalan tengah bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi air putih. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan mengonsumsi setidaknya 2 liter cairan per hari. Mengonsumsi cairan yang cukup, baik itu air putih biasa atau infused water penting untuk fungsi normal tubuh dan mencegah dehidrasi. Selain itu akan menjaga ginjal tetap sehat dan menghindari kondisi seperti batu ginjal, sembelit dan wasir.

Manfaat Infused Water Lemon

Membersihkan hati

Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Dengan fungsinya yang sangat penting tersebut, menjaga kesehatan hati tentu menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan. Sayangnya, banyak orang yang justru mengonsumsi beragam minuman serta makanan berbahan kimia yang membuat kesehatan hati menjadi terganggu.

Infused water lemon bisa dikonsumsi secara teratur untuk menjaga hati agar selalu sehat. Konsumsi secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Mengurangi gejala asma

Gangguan asma tentu sangat merepotkan apalagi rasa sesak napas yang muncul terkadang sangat menyiksa. Infused water lemon memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu anda dalam meredakan asma.

Memperlancar saluran cerna

Jika anda memiliki gangguan pencernaan seperti halnya sembelit atau yang lainnya, anda bisa menggunakan infused water lemon sebagai solusi untuk mengatasinya. Langkah pembuatan infused water buah lemon juga sangat mudah sehingga tidak akan menyita banyak waktu anda.

Mengatasi jerawat

Masalah wajah memang sangat mengganggu bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri bagi sebagian orang. Namun kini anda tidak perlu khawatir, karena dengan adanya infused water lemon, anda bisa membersihkan jerawat yang muncul di wajah. Dengan catatan, minuman sehat satu ini dikonsumsi secara rutin. Bagi kaum wanita, tubuh yang segar dan terlihat awet muda menjadi hal yang didamba-dambakan. Namun sayangnya seiring dengan berjalannya waktu, wajah akan mulai menampakkan keriputnya.

Untuk membuat anda bisa lebih percaya diri, anda bisa menggunakan infused water lemon sebagai solusi cantik dan awet muda anda. Minuman sehat ini mampu memperlambat efek penuaan dini yang banyak ditakuti wanita. Infused water lemon mengandung asam sitrat yang bisa mengurangi kerutan pada wajah. Dengan minimnya jumlah kerutan maka wajah akan nampak lebih menawan.

Membuat kesehatan mulut menjadi lebih terjaga

Ada banyak sekali masalah mulut yang mengganggu penampilan. Sebut saja gigi berlubang hingga bau mulut dan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan infused water lemon sebagai solusi untuk membuat napas lebih segar dan pastinya membuat bau mulut teratasi.

Mengatasi depresi

Bagi anda yang seringkali merasa depresi, anda bisa mengonsumsi infused water lemon sebagai solusinya. Minuman sehat ini membuat perasaan menjadi lebih tenang sehingga mampu mengurangi depresi yang anda alami.

Membersihkan darah

Mengonsumsi infused water lemon secara rutin berguna dalam membersihkan kotoran dan racun yang terdapat dalam tubuh. Alhasil, darah akan menjadi lebih bersih sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Mengganti fungsi ion pada tubuh

Setiap harinya, tubuh membutuhkan ion yang baru sebagai pengganti ion-ion yang hilang. Hilangnya ion sendiri disebabkan oleh beberapa hal seperti tingginya aktivitas atau karena suatu penyakit. Dengan infused water lemon, anda bisa mengganti ion-ion yang hilang asal dikonsumsi secara teratur.

Untuk menurunkan berat badan

Manfaat infused water lemon yang satu ini tentu sangat digemari oleh para wanita yaitu bisa membantu menurunkan berat badan yang berlebihan. Berat badan berlebih memang sangat mengganggu. Belum lagi ada beberapa jenis penyakit yang mengancam para pemilik berat badan berlebih. Hal ini membuat anda harus berhati-hati dan selalu perhatikan berat badan anda agar lebih ideal.

Manfaat infused water lemon dalam menurunkan berat badan tentu sangat membantu bagi anda yang tengah dalam proses menjalankan program diet. 

Apakah Semua Manfaat Diatas Sudah Terbukti?

Akhir-akhir ini infused water populer dan menjadi bagian dari gaya hidup karena dipercaya mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Padahal klaim-klaim tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Berikut ini beberapa klaim mengenai manfaat infused water beserta faktanya.
  • Sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh
    Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan. Namun tidak ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu, karena jika benar demikian, tubuh akan sering sakit. Diet atau pola makan detoks belum terbukti secara klinis berguna bagi tubuh.
  • Anti-penuaan
    Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap dapat menjadi sarana ampuh melawan efek penuaan. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalkan jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.
  • Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal
    Mengonsumsi infused water diklaim bisa menurunkan berat badan.  Tetapi belum ada penelitian medis yang membuktikan klaim tersebut dengan jelas. Berat badan ideal paling baik dicapai dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat. Namun memang dengan mengonsumsi lebih banyak air putih atau infused water seseorang dapat merasa lebih cepat kenyang sehingga porsi makanan bisa dikurangi.
Meski belum terbukti mengenai manfaat kesehatannya, bukan berarti infused water sama sekali tidak mendatangkan keuntungan. Minuman ini bermanfaat, khususnya bagi orang-orang yang tidak suka mengonsumsi air putih dan anak-anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan.
Orang yang tidak suka minum air putih biasanya memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan minuman seperti kopi, teh, atau minuman ringan. Padahal beberapa minuman jenis ini justru cenderung membuat tubuh menjadi makin kekurangan cairan karena kandungan kafeinnya. Selain itu, minuman-minuman ini, terutama minuman kemasan umumnya berharga mahal serta mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi dibandingkan dengan air mineral.

Bahaya dan Dampak Buruk Jika Mengonsumsi Infused Water Secara Berlebihan

Asam Lambung Meningkat

Efek samping yang pertama adalah meningkatkan asam lambung bagi Anda yang sedang menderita asam lambung atau GERD. Hal ini terjadi karena infused water yang dicampur dengan potongan lemon memiliki rasa asam yang akan membuat asam lambung semakin parah.

Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

Bagi sebagian orang, buah jeruk atau lemon yang kerap dibuat infused water dapat menjadi pemicu migrain. Dalam sebuah penelitian, 11% dari 490 pasien migrain mengatakan bahwa makan buah jeruk bahkan dibuat infused water dapat menimbulkan serangan sakit kepala. Ini karena buah jeruk memiliki tyramine, produk protein, yang merupakan pemicu migrain.

Erosi Gigi

Lemon yang terdapat didalam infused water memiliki rasa asam yang akan menimbulkan erosi gigi jika terlalu sering dikonsumsi. Akibat dari erosi gigi tersebut, gigi kamu akan menjadi lebih sensitif terutama saat sedang mengonsumsi makanan panas dan dingin. Seperti yang kamu ketahui bahwa gigi terbentuk dari kalsium dan kalsium tersebut akan mudah larut jika bereaksi dengan asam. Jadi, sebaiknya kamu segera meminum air putih setelah meminum infused water agar zat asam yang tersisa tidak mengikis gigi.

Sakit Perut Hingga Maag

Terlalu sering mengonsumsi infused water juga dapat menyebabkan perut menjadi mulas. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar gizi di New York, Jackie Ballau yang mengatakan bahwa mengonsumsi infused water terlalu banyak dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam dada.

Asam dari lemon yang bereaksi dengan asam lambung akan menyebabkan perut terasa mulas. Apalagi jika infused water diminum pada pagi hari sebelum sarapan, maka rasa mulas pada perut akan semakin hebat dan memicu timbulnya penyakit maag.

Jadi bijaksanalah dalam menggunakan infused water yang banyak manfaatnya ini tetapi juga bisa membahayakan kesehatan saat digunakan secara berlebihan.

Diolah dari berbagai sumber

Video Tutorial Cara Membuat Infused Water Lemon :


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 4:20 PM
Powered by Blogger.