Harga Terbaru 2017 Besi Tua Bekas (Rongsok) Berbagai Jenis

Harga besi bekas rongsokan terbagi dalam berbagai kualitas. Harga termahal besi bekas terbaru sekitar Rp 4300 per kg sedangkan harga untuk kualitas besi tua terendah sekitar Rp 2500 per kg.


Bisnis besi bekas memang sangat tergantung dari permintaan pabrik daur ulang besi tua. Saat stock pabrik kurang dan mereka butuh banyak masukan besi tua maka harga pasaran rongsokan besi tua secara umum akan naik. Demikian juga sebaliknya harga akan turun saat stock barang dipabrik pengolahan besi tua berlimpah. Meskipun demikian harga besi rongsokan juga tidak semata-mata tergantung stock barang di pabrik tetapi juga terpengaruh hal lain seperti misalnya perdagangan logam besi nasional maupun internasional bahkan jika perubahan kurs mata uang yang ekstrim bisa mengakibatkan harga besi rongsokan bekas bergejolak.

Berpa harga besi rongsokan yang berlaku saat ini? Berikut ini Daftar harga scrap/besi tua tingkat peleburan dimana Harga berlaku mulai per tgl.01-04-2017
  • Plongan @ 4300
  • K. @ 4100
  • A1. @ 3900-4000
  • A2. @ 3700-3800
  • A3. @ 3300-3400
  • B1. @ 2900-3000
  • B2. @ 2600-2700
  • B3. @ 2400-2500
  • Kal. @ 2200-2300
  • Gr1. @ 3000-3100
  • Gr2. @ 2800-2900
  • Kal press @2500
Harga besi bekas diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Harga besi tua tersebut bisa berbeda dintara pabrik yang satu dengan pabrik yang lain dan juga bisa berbeda antar daerah dan diantara pedagang. Semoga bermanfaat.

Mengenal Klasifikasi Besi Tua Grade A1

Besi tua grade A1 sering di sebut juga dengan besi super paten atau super top.Sebelumnya perlu di ketahui bahwa ada perbeda'an defenisi antara peleburan skala kecil dan menengah dengan peleburan skala besar tentang defenisi besi tua grade A1, perbedaan terdapat pada kadar karbon yg terkandung pada besi tua itu sendiri,untuk peleburan skala besar biasanya tidak masalah dengan kadar karbon tinggi pada baja keras ataupun besi cor/ancuran,namun bagi peleburan skala kecil dan menengah mereka sangat selektif dalam menerima scrap besi tua, terutama pada besi baja keras yg kadar karbonnya tinggi juga pada besi cor/ancuran, karena peleburan skala kecil dan menengah menggunakan tungku peleburan yg relatif kecil sehingga tidak akan mampu melebur baja keras dan cor, namun demikian ada pula perbedaan harga yg cukup mencolok antara peleburan skala kecil dengan peleburan skala besar,selisih harganya antara 200 sd 300/kg jadi ada plus minusnya, kelebihan peleburan besar mereka tdk terlalu selektif dalam menerima scrap apapun jenis besi mereka terima, adapun kelebihan peleburan kecil mereka punya harga lebih tinggi dari peleburan besar namun sangat selektif dalam menerima scrap besi tua.
Kembali pada pembahasan tentang klasifikasi besi tua grade A1,pada dasarnya semua jenis besi yg ketebalannya minimal 4mm up baik besi lunak atau besi baja keras itu termasuk grade A1, seperti plat,besi beton,exs alat berat,wf,kanal U dll.Perlu di ketahui pula kondisi scrap juga jadi pertimbangan seperti karat atau korosi,apabila terlalu parah karat pada besi scrap maka akan mempengaruhi pula pada nilai gradenya.

Bisa lihat gambar-gambar di bawah ini tentang kualifikasi besi bekas grade A1,mudah-mudahan dapat sedikit membantu bagi pemula.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 6:44 AM
Powered by Blogger.