Suhu Nyaman Untuk Hidup Ayam Broiler

Temperatur Yang Cocok Untuk Ternak Ayam Broiler
Ayam broiler memiliki suhu tubuh yang tinggi, batasan tinggi suhu tubuh 41,5ºC dan batasan terendah 40,5ºC. Peningkatan suhu lingkungan akan menyebabkan suhu tubuh dari ayam broiler ikut meningkat. Keadaan lingkungan yang panas akan menyebabkan, suhu tubuh ayam akan meningkat 1 – 2ºC sebagai panas tubuh, dan terus meningkat hingga tubuh ayam dapat kembali beradaptasi hingga batas yang dapat dilaluinya (Oleyumi dan Robert, 1980).

Suhu lingkungan yang tinggi dapat mengganggu proses homeostasis dan metabolisme, sehingga akan menyebabkan kesehatan ternak terganggu (Lesson dan Summers, 2001) Ayam merupakan hewan homeotermi, artinya ayam memilki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya tetap stabil walaupun suhu lingkungan berubah-ubah. Panting merupakan salah satu respon tingkah laku ayam broiler akibat stres dari suhu lingkungan yang panas, dan juga mekanisme evaporasi melalui saluran pernafasan.

Appelby et al. (2004) menyatakan, suhu lingkungan yang baik dalam pemeliharaan ayam broiler adalah 19-23ºC, Bell and Weaver (2000) menyatakan bahwa suhu nyaman untuk mencapai pertumbuhan optimum ayam broiler berkisar antara 18-23ºC, apabila suhu lingkungan terus meningkat akan mengakibatkan ayam mengalami stres dan melakukan proses homeostasis dengan cara panting, sehingga akan mempengaruhi ayam untuk mengkonsumsi pakan dalam jumlah yang sedikit dan menyebabkan penurunan produktivitas. Ayam akan panting pada suhu lingkungan 28ºC atau ketika suhu tubuh ayam mencapai 42ºC.

Suhu lingkungan yang panas disertai dengan kelembaban yang tinggi dapat menurunkan konsumsi pakan dan mengganggu proses metabolisme sehingga berakibat defisiensi zat-zat makanan untuk pertumbuhan dan produksi (Syamsuhaidi, 1997).

Ayam broiler pada umur 1-2 minggu memerlukan suhu 32-35ºC, sedangkan umur 3-6 minggu ayam broiler akan tumbuh dengan optimal pada suhu 20-26ºC (Kuczynski, 2002)
Ayam broiler dapat hidup dengan nyaman pada suhu lingkungan yang sesuai dengan kebutuhannya, hal ini karena pada kisaran suhu lingkungan tersebut ayam tidak banyak memproduksi panas tubuh.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 1:56 AM
Powered by Blogger.