Perbedaan Antara Ratu Lebah, Pejantan dan Lebah Pekerja Dalam Koloni Lebah Madu


Ternyata Ratu Lebah Bisa Berusia Antara 3 - 5 Tahun !


Dalam satu koloni lebah madu yang bisa dipastikan adalah adanya seekor ratu yang umumnya disebut sebagai ratu lebah. Ratu lebah memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan lebah-lebah lainnya. Keistimewaan lain seekor ratu lebah adalah memiliki usia yang paling panjang diantara anggota koloni lebah madu yaitu antara 3 - 5 tahun.

Untuk mendapatan posisi sebagai ratu lebah, calon ratu harus berkompetisi terlebih dahulu dengan calon lainnya, yang menang akan menjadi ratu lebah dikoloni tersebut. Calon ratu yang kalah akan terusir dan meninggalkan koloni bersama beberapa lebah pekerja lain dan akan mencoba membangun koloni baru yang terpisah sama sekali dengan koloni sebelumnya.

Ratu lebah bisa bertelur antara 1.500 - 2.000 butir setiap hari selama menjabat sebagai ratu tentunya. Makanan ratu lebah adalah royal jeli sepanjang hidupnya. Diperkirakan dengan makan royal jeli terus menerus inilah maka lebah ratu bisa berumur jauh lebih panjang daripada lebah pekerja.

Selain ratu, dalam koloni lebah madu ada lebah pekerja dan lebah pejantan. Lebah pekerja adalah yang paling sibuk hilir mudik dari sarang ke bunga-bunga disekitarnya. Jika bunga terdekat dari sarang ternyata belum mekar maka mereka para lebah pekerja bisa mencarinya hingga sejauh 3 km dari sarang. Lebah pekerja memiliki umur sekitar 35 - 50 hari saja.

Lebah Pekerja

Lebah pekerja adalah serangga yang sangat berjasa dalam hal penyerbukan tanaman. baik tanaman buah-buahan, sayuran hingga tanaman bunga. Lebah ini mampu terbang dengan kecepatan hingga 25 km/jam. Aktifitas lebah pekerja yang hilir mudik pindah dari 1 bunga ke bunga lainnya menyebabkan terjadinya proses penyerbukan tanaman secara alami. Untuk mendapatkan 375 gr madu, seekor lebah harus bolak-balik sebanyak 75.000 kali untuk memanen nektar bunga.

Lebah Pejantan

Selain lebah pekerja, dalam koloni lebah madu ada yang disebut sebagai lebah pejantan. Tugas lebah pejantan cuma satu yaitu mengawini ratu lebah. Setelah mengawini ratu lebah, lebah pejantan akan mati. Jadi motto lebah pejantan adalah kawin sekali sesudah itu mati..he..he..he

Fakta Unik Lebah Madu

Untuk menunjukkan lokasi bunga-bunga dari satu lebah ke lebah lainnya, mereka melakukannya dengan mari-nari yang dikenal dengan "tarian mengibas". Dan tentunya ini hanya dilakukan oleh lebah pekerja saja. Dan tahukah anda selama hidupnya seekor lebah pekerja bisa menghasilkan 12 sendok teh madu? Wow... menakjubkan bukan, dengan umur yang cuma 35 - 50 hari dan ukuran yang kecil bisa membuat madu begitu banyak.

Dan, lebah madu memang selalu hidup berkoloni dan bermasyarakat. Anggota dalam 1 koloni rata-rata 60 - 70 ribu lebah. Bayangkan betapa padatnya populasi lebah dalam 1 koloni. Dan yang lebih menakjubkan mereka bisa bekerja sama dengan sangat rapi untuk mengumpulkan nectar bunga sebagai bahan baku madu di sarang mereka.

Diolah dari berbagai sumber


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 8:26 PM
Powered by Blogger.