Fakta-fakta Tentang Kelinci, Ternak Kecil Yang Sangat Produktif

Tahukah Anda Berapa Kali Kelinci Bisa Beranak Dalam 1 Tahun? Berapa Jumlah Anak Yang Dilahirkan Oleh Induk Kelinci Setiap Kali Melahirkan? Mengapa Kelinci Sering Membuat Lubang Di Dalam Tanah?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pertanyaan umum tentang ternak kelinci yang belum tentu diketahui jawabannya oleh semua orang. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kelinci adalah salah satu ternak kecil yang sangat potensial untuk dijadikan sumber daging atau sebagai ternak potong yang sangat cepat perkembangbiakannya.

Ternyata dalam 1 tahun, seekor induk kelinci bisa beranak hingga 4 kali! Bandingkan dengan induk sapi yang hanya mampu beranak setahun sekali atau kambing yang bisa setahun 2 kali.

Dalam satu kali melahirkan seekor induk kelinci bisa melahirkan antara 4 - 12 anak kelinci yang lucu-lucu, kecil dan tanpa bulu dengan waran kemerahan yang menggelikan. Jadi jika rata-rata sekali melahirkan ada 6 ekor saja anak kelinci yang bisa hidup sampai dewasa maka dalam 1 tahun anda sudah bisa memiliki kelinci sejumlah 24 ekor hanya dari memelihara 1 induk betina dan tentunya 1 induk jantan. Bagaimana jika anda memiliki 10 induk betina dengan 1 kelinci jantan dan semuanya bunting dan melahirkan pada waktu yang bersamaan? Dalam setahun jumlah kelinci anda bisa mencapa 240 ekor, mantap bukan?


Kelinci Suka Membuat Lubang, Apa Sebabnya?

Mengapa kelinci suka membuat lubang? Sebagai hewan liar pada awalnya maka kelinci memiliki naluri perlindungan diri dari serangan binatang buas pemangsa dengan ngumpet atau masuk dan menyembunyikan diri kedalam lubang yang hanya muat bagi dirinya. Ini salah satu alasan kelinci membuat lubang di tanah.


Penyebab lainnya kelinci sering membuat lubang ditanah adalah sebagai perlindungan bagi anak-anak yang akan dilahirkannya. Anak kelinci yang baru lahir tanpa memiliki bulu tentu memerlukan kehangatan maka dengan berada didalam lubang mereka tidak akan kedinginan disamping tentunya ada kehangatan dari induknya juga aman dari pemangsa atau binatang liar.

Dan tahukah anda jika anak kelinci bisa sampai 25 hari didalamm lubang sambil menunggu saat bisa "diijinkan" keluar dengan aman diluar lubang sarangnya?


Jadi kelinci suka membuat lubang adalah untuk tempat tinggal, perlindungan diri dan anak-anaknya dari pemangsa.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 12:30 AM
Powered by Blogger.