Perbedaan Dan Keunggulan Mixer Pakan Vertikal dan Horisontal

Keuntungan dan Keunggulan Dalam Mencampur Bahan Baku Pakan Ternak dengan Menggunakan Mixer Vertikal dan Mixer Horisontal
Secara umum mixer vertikal memiliki keunggulan yakni memerlukan motor penggerak yang relatif lebih kecil, dengan demikian konsumsi bahan bakar atau listrik lebih minimum dan biaya lebih murah. Sedangkan mixer horisontal memiliki keunggulan ransum yang diolah akan memiliki nilai homogenitas tinggi daripada ransum yang diolah dengan mixer vertikal. Kekurangan dari mixer horisontal yakni memerlukan motor penggerak yang lebih besar bilai dibandingkan dengan mixer vertikal dalam kapasitas yang sama. Hal tersebut akan berdampak pada biaya operasional yang lebih tinggi.


Pengolahan bahan pakan merupakan proses yang memerlukan bantuan alat mekanis baik sederhana maupun kompleks. Peralatan yang digunakan pun memiliki spesifikasi dan kegunaan yang berbeda untuk setiap proses. Salah satu proses pengolahan pakan ternak yang memerlukan penggunaan alat adalah mixing atau pencampuran. Mixing dilakukan untuk menghomogenkan bahan pakan sehingga berada pada setiap bagian ransum yang diolah secara merata dan sama nilainya. 

Apabila mixing tidak dilakukan maka bahan pakan dalam ransum tidak tercampur merata, ketika diberikan kepada ternak tidak menjamin bahwa ternak mendapat nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut karena bahan pakan komposisi dalam ransum tidak homogen atau memiliki persentase yang berbeda dari tiap bagian ransum. Mixing dalam jumlah sedikit dapat dilakukan dengan mudah dan alat sederhana. Mixing dalam skala industri yang mengolah dalam jumlah banyak memerlukan bantuan alat untuk mengefisienkan waktu dan biaya. Pada dasarnya mixer bahan pakan terbagi menjadi dua yakni :

Mixer Vertikal
MESIN VERTIKALMixer vertikal merupakan alat penyampur bahan pakan yang memanfaatkan gaya gravitasi untuk menyampur bahan pakan. Pada bagian dalam alat mixer vertikal terdapat pipa yang berisi as berulir sehingga ketika berputar dapat mengangkat bahan pakan. Ujung atas pipa merupakan bagian yang terbuka sehingga ketika bahan pakan naik akan jatuh dan tersebar pada semua bagian tabung penampung. Proses tersebut berlangsung berkali kali sehingga bahan pakan dapat terhomogenisasi.
Secara umum mixer vertikal memiliki keunggulan yakni memerlukan motor penggerak yang relatif lebih kecil, dengan demikian konsumsi bahan bakar atau listrik lebih minimum dan biaya lebih murah. Hal ini terjadi karena alat tersebut mencampur dengan bantuan gaya gravitasi. Kekurangan dari mixer vertikal yakni kurang homogennya campuran ransum yang terbentuk.

Mixer Horisontal
  1. MESIN HORISONTALBerbeda dengan mixer vertikal yang menggunakan bantuan gaya gravitasi, Mixer horisontal sepenuhnya memanfaatkan tenaga motor. Motor menggerakan as yang terpasang horisontal pada bagian tengah tabung dan memiliki pengaduk. Berputarnya as dan pengaduk akan menyebabkan peputaran bahan pakan dalam tabung.
  2. Secara umum mixer horisontal memiliki keunggulan ransum yang diolah akan memiliki nilai homogenitas tinggi daripada ransum yang diolah dengan mixer vertikal. Kekurangan dari mixer horisontal yakni memerlukan motor penggerak yang lebih besar bilai dibandingkan dengan mixer vertikal dalam kapasitas yang sama. Hal tersebut akan berdampak pada biaya operasional yang lebih tinggi.
Berdasarkan uraian di atas, apabila akan melakukan pembelian alat bantu mixer membutuhkan pertimbangan dalam aspek diantaranya :
– Peruntukan pengunaan.
– Kapasitas produksi yang berkaitan dengan kebutuhan tiap hari dari ransum yang akan dibentuk.
Apabila berdasarkan pertimbangan di atas dapat diperoleh keputusan alat mana yang digunakan akan memberikan efisiensi baik produksi ternak dan biaya secara optimal.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 4:47 AM
Powered by Blogger.