Penyakit Saluran Kemih Pada Kambing dan Penyebabnya

Mau tanya dok.....apakah ini penyakit batu karang.....waktu kencing kambing teriak2....di ujung alat vital ada semacam kristal.....belum ada pembengkakan....untuk pengobatan bagaimana...dan untuk sebab terjadinya penyakit karena apa...sudah 4 kali ini peternakan saya mengalaminya....rata2 boer cross yg terkena penyakit ini...sebelumnya terima kasih.

Pencegahan lebih baik mas. Lubang keluarnya kencing terjadi kebuntuan karena adanya kristal baik di saluran maupun di kantong kemih. Paling umum dan sering pada kambing jantan. Itu kemungkinan besar masalah nya dr pakan. Terutama feed supplemen yg imbalance (feed mineral) . Minum nya kasih adlibitum, biar minum sepuasnya. Karena minum yg kurang juga memicu hal tersebut. Kalo di ayam biasa nya peternak juga me lab kan air minum nya, baik kadar bakteri, pH dan mineral.
Koreksi di pakan dan minumnya untuk manajemen selanjutnya. Yg sudah terlanjur kena dan tidak membaik sebaiknya di potong saja.

Bisa jadi. Banyak hal yg menyebabkan urolith (penimbunan batu calculi di system perkemihan). Banyak macem urolith misal, struvit urolith, silica urolith,  calcium carbonat urolith,  calcium oxalat urolith. Tentu nya masalah nya di pakan, meskipun di kambing jantan yg paling sering.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 8:19 PM
Powered by Blogger.