Macam-macam Bentuk Paruh dan Kaki Burung Beserta Fungsinya

Bentuk Paruh Burung Betet
Mengenal Berbagai Macam Bentuk Paruh dan Kaki Burung Terkait Dengan Makanannya

Burung pemakan biji-bijian jika diperhatikan memiliki bentuk dan tipe paruh yang memang sangat sesuai dengan makanannya. Jika diperhatian paruh pada burung pipit maka akan terlihat betapa mudahnya burung pipit memakan dan bahkan mengupas biji padi yang sudah tua dari kulitnya. Bentuk paruh burung pipit memang sudah sedemikian rupa sesuai dengan jenis makanannya yang kebanyakan berupa biji-bijian.

Ilustrasi diatas hanyalah salah satu contoh betapa bentuk paruh burung yang ada di dunia ini memang telah diciptakan dengan demikian sempurna sehingga sangat memudahkan sang burung dalam mencari makan. Lihat saja burung pelikan dengan bentuk paruhnya yang unik, ternyata juga sangat bermanfaat dalam menangkap ikan. Bagaimana dengan bentuk paruh burung lainnya dan apa manfaatnya? Simak penjelasannya dibawah ini.

Jenis-jenis burung bisa dibedakan berdasarkan makanannya antara lain:
  • Burung pemakan biji-bijian
  • Burung pemakan madu atau nektar buah
  • Burung pemakan daging
  • Burung pemakan bangkai
  • Burung pemakan ikan
  • dll
Ternyata perbedaan makanan tersebut sangat berhubungan erat dengan berbagai macam bentuk paruh dari burung yang bersangkutan. Seperti apa bentuk dan perbedaan paruh burung berdasarkan apa makanannya?

Berikut ini berbagai macam dan jenis paruh burung yang dikenal saat ini:

Burung Pipit
Pipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Dunia Lama dan Australasia.
Bnetuk Paruh Burung Pipit
Jenis burung pipit mempunyai paruh pendek dan kuat. Bentuk paruh ini sesuai untuk memakan jenis biji - bijian. Paruh ini berfungsi menghancurkan biji tersebut.

Burung Elang
Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh Indonesia. Dalam Bahasa inggris, eagle atau elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila.
Bentuk Paruh Burung Elang
Jenis burung elang mempunyai paruh kuat, tajam, dan melengkung bagian ujungnya. Paruh seperti ini sesuai untuk mencabik mangsanya.

Bebek/Itik
Bebek atau Itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa .

Bentuk Paruh Bebek/Angsa
Bentuk Paruh Bebek mempunyai paruh yang berbentuk seperti sudu. Bentuk paruh seperti ini sesuai untuk mencari makanan di tempat becek, berlumpur, atau di air.

Burung Pelatuk
Pelatuk ialah burung dari ordo Piciformes. Ditemukan di seluruh dunia dan termasuk sejumlah spesies, biasanya berjumlah 218.

Bentuk Paruh Burung Pelatuk
Jenis Burung pelatuk mempunyai paruh yang panjang, kuat, dan runcing. Paruh burung pelatuk untuk mencari serangga yang bersembunyi di kulit pohon, dalam lubang pohon, atau pada batang pohon yang lapuk.

Burung Kolibri
Kolibri adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan

Bentuk Paruh Burung Kolibri
Jenis Burung kolibri mempunyai paruh berbentuk panjang dan runcing. Bentuk paruh seperti itu memudahkan burung kolibri mengisap nektar.

Burung Pelikan
Burung undan atau pelikan adalah burung air yang memiliki kantung di bawah paruhnya, dan merupakan bagian dari keluarga burung Pelecanidae. Bersama burung pecuk, pecuk ular, gannet, angsa batu, dan cikalang, mereka membentuk ordo Pelecaniformes.

Bentuk Paruh Burung Pelikan
Jenis Burung Air, Burung pelikan mempunyai paruh berkantong. Paruh demikian memudahkannya untuk menangkap ikan dalam air.
Kesimpulan: Terlihat bahwa ada kesesuaian antara bentuk paruh burung dan jenis makanannya.
Selain bentuk paruh, kaki pada berbagai burung juga mempunyai bentuk bermacam-macam. Berbagai bentuk kaki burung merupakan salah satu bentuk penyesuaian terhadap cara memperoleh makanan.

Berbagai macam bentuk kaki burung

a. Kaki burung kakak tua untuk memanjat. Selain itu, juga untuk memegang makanan.


b. Kaki ayam untuk mengais tanah saat mencari makanan.


c. Burung elang mempunyai kaki kuat dengan kuku tajam. Kaki ini untuk mencengkeram mangsanya.




d. Burung pipit mempunyai kaki langsing untuk bertengger.



e. Kaki itik dan pelikan berselaput sehingga cocok untuk berenang di air.



f. Burung pelatuk pandai memanjat karena bentuk kakinya sesuai untuk memanjat.

Setiap jenis unggas atau burung makanannya berbeda-beda. Ada yang berupa cairan madu (nektar), biji-bijian, atau daging. Oleh karena itu, bentuk paruh setiap jenis burung juga berbeda-beda dikarenakan perbedaan makanan ini. Berdasarkan gambar di depan, terdapat hubungan antara bentuk kaki burung dengan cara memperoleh makanannya.

Sumber: wikipedia.com dan sumber lainnya


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 7:12 AM
Powered by Blogger.