Cara Membuat Pakan Perkutut Sendiri dan Komposisi Biji-bijian Yang Tepat


Bagaimana Perbandingan Pakan Biji-bijian Yang Bisa Diberikan Untuk Burung Perkutut?
Beberapa jenis pakan alami burung perkutut antara lain milet, ketan hitam, jewawut, beras merah, kacang hijau, godem, gabah bangkok, biji kenari dll. Bagaimana cara pemberian yang tepat berbagai macam jenis pakan perkutut tersebut dengan perbandingan yang bagus diantara jenis biji-bijian pakan burung tersebut?

Berikut ini beberapa perbandingan jumlah biji-bijian pakan perkutut yang bisa anda coba dan anda analisa hasilnya, manakah yang terbaik diantara perbandingan pakan tersebut terhadap kualitas dan kuantitas manggung burung perkutut anda itulah yang bisa anda pilih dan terus dipakai.
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 2:1:7
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 1/2 : 5 : 4 : 1/2
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 3 : 1/2 : 5 : 1/5
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut : gabah lampung = 1 : 2 : 1/2 : 6 : 1 1/2
  • Beras hitam : jewawut : biji-bijian = 5 : 3 1/2 : 1 1/2
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut : gabah lampung : millet : biji kenari = 1 : 1 : 4 : 2 : 2
Saat manggung, suara burung perkutut menjadi 3 bagian. Yaitu suara depan (pengajeng / angkatan), suara tengah (penengah/pukulan), dan suara ujung (dawah / pembuang). Ketiga bagian suara ini kalau dieja secara sederhana berbunyi : “Hur- kete – kuk”. Dari ketiga bagian suara ini, suara tengah (“kete”) boleh tidak ada atau tidak terdengar. Tapi suara depan dan suara ujung belakang mutlak harus ada. Karena tak ada burung perkutut yang berbunyi :” Hur – kete” atau “Kete – kuk” saja. Sedang perkutut yang berbunyi :”Hur – kuk” banyak ditemukan, misalnya perkutut bangkok. (sumber: Buku Kawruh Peksi Berkutut ditulis tangan dengan huruf Jawa oleh R.W Padmodiprodjo pada zaman Belanda).
Cara Membuat Sendiri Pakan Burung Perkutut Ala Pabrikan
Anda kesulitan mendapatkan pakan burung perkutut buatan pabrik? Solusinya anda dapat membuat pakan perkutut buatan sendiri yang tidak kalah dengan pakan buatan pabrik yaitu berupa campuran biji bijian dan bumbu tertentu. Bumbu-bumbu yang diperlukan dapat kita peroleh di pasaran.

Bahan-bahan dan Cara Pembuatan:
  • Siapkan terlebih dahulu bumbu berupa bawang putih sebanyak 2 siung, jahe dan kencur masing-masing sebanyak 3 potong, dan garam dapur 12 sendok makan. Selain itu, disediakan pula telur 2 – 3 butir, madu 5 sendok makan ketan hitam 1 liter, millet 1/4 liter, biji kemari 1/4 liter, dan jewawut 1/8 liter. Cara membuatnya sebagai berikut :
  • Semua bumbu tersebut ditumbuk sampai hancur.
  • Pecahkan telur dan ambil kuningnya saja kemudian kuning telur dikocok sampai mengembang, lalu ditambah madu dan dikocok ulang sampai tercampur.
  • Ke dalam campuran madu telur ini kita masukan bumbu yang telah diamduk tadi dan diaduk sampai rata.
  • Biji – bijian yang telah tensedia kita cuci sampei bersih, lalu diiriskan dan dijemur di atas tampah. Bila telah kering, semua biji tersebut kita campurkan ke dalam adonan telur bumbu. Campuran diaduk sampoi ratn betul.
  • Langkah terakhir adalah semua campuran tersebut  di sangrai (digoreng tanpa minyak) selama kira-kira dua menit. Setelah di sangrai, ditampung di atas tampah dan diangin-anginkan sampai kering dan dingin. Pakan buatan yang sudah dingin inilah yang akan kita berikan pada perkutut.
Sumber:http://www.agrotani.com/ramuan-burung-perkutut/


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Tentang Ternak dan Burung Updated at: 11:09 PM
Powered by Blogger.